Bistik Daging Sapi – Daging sapi mengandung zat besi, sumber protein, zinc, vitamin B12, omega 3, vitamin B6, fosfor, dan masih banyak lagi. Oleh maka, mengkonsumsi daging sapi betul-betul berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tapi tentu dengan porsi secukupnya agar olahan daging sapi berguna untuk tubuh. Di Indonesia sendiri resep masakan daging sapi sudah hampir tak terhitung jumlahnya. Baik masakan tradisional dari berjenis-jenis daerah seperti rendang, tongseng, gulai dan banyak lainnya. Sampai masakan yang divariasi dengan resep modern dari berjenis-jenis negara, seperti beef teriyaki dan beef bulgogi. Daging sapi ini diolah mengaplikasikan bumbu rempah-rempah yang menciptakan rasa yang sedap dan juga bermanfaat bagi tubuh. Segala masakan daging sapi ini dapat disajikan dengan nasi putih hangat yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Enak dan gurih, itulah kesan pertama yang terlintas dalam benak kita sewaktu mendengar hidangan bistik daging sapi. Ya, hidangan yang dibuat dari bahan dasar. Bunda bisa memasak Bistik Daging Sapi menggunakan 15 bahan dan 8 langkah. Begini cara buatnya.

Bahan-bahan membuat Bistik Daging Sapi

  1. Siapkan 250 gr daging sapi, saya pakai 1kg daging diiris sesuai selera.
  2. Sediakan 1 btr telur, kocok lepas.
  3. Siapkan 2 sdm margarin.
  4. Kamu butuh 4 sdm kecap manis.
  5. Kamu butuh 1/2 sdt merica bubuk.
  6. Sediakan 1 sdt garam halus.
  7. Anda butuh Bumbu Tumis dan bumbu tambahan lainnya:.
  8. Bunda butuh 2 siung bawang putih, cincang halus.
  9. Sediakan 1 siung bawang bombay, diiris memanjang.
  10. Siapkan 3 bh cabe hijau besar.
  11. Siapkan 3 bh cabe merah besar.
  12. Bunda butuh 3 bh cabe rawit (tambahan dari saya, bisa di skeep), iris2.
  13. Sediakan secukupnya Garam, gula pasir.
  14. Siapkan Royco daging sapi secukupnya (tambahan dari saya).
  15. Siapkan 300 ml air matang.

Cara memasak Bistik Daging Sapi

  1. Potong potong daging sesuai selera, saya potong dadu agak kecil (lebih besar dari ukuran sate).
  2. Masukkan margarin, kecap manis, merica bubuk, telur yang sudah dikocok lepas. Simpan kulkas selama 15-20 menit, saya 30mnt.
  3. Sambil menunggu daging dimarinasi, siapkan bawang putih dicincang halus, bawang bombay iris memanjang, cabe merah dan hijau besar serta cabe rawit yang diiris halus. Cabenya lupa difoto 😊.
  4. Setelah 15-20mnt, panaskan minyak sayur untuk menumis. Setelah minyak panas lalu masukkan bawang putih cincang, aduk rata sampai harum dan berwarna agak kecoklatan.
  5. Kemudian masukkan ungkepan daging sapinya beserta bumbu ungkepnya semua dituang ke wajan ya bunda, aduk aduk2 daging sampai berubah warna setelah itu tambahkan air 200ml. Masak daging sampai empuk.
  6. Setelah airnya agak surut tambahkan sisa air yang 100ml tadi, bubuhkan garam, gula pasir dan bumbu penyedap. Koreksi rasa yq bunda kalau ada yang kurang bisa ditambahkan, masukkan bawang bombay dan irisan cabe. Masak kembali sampai daging matang dan empuk.
  7. Setelah air menyusut matikan api kompor, banyaknya kuah sesuai selera ya bunda kalau saya lebih suka yang agak banyak kuahnya enak dicampur nasi yang anget 😊.
  8. Done, akhirnya menu berbuka puasa hari ini adalah Bistik Daging Sapi ala Uni Hesti 😊 rasanya juara banget deh, kalau ndak percaya silahkan dicoba dijamin ndak bakalan kecewa malah pengen nambah lagi dan lagi 🤭🤣.

Bistik Daging Sapi – Pertama-tama, daging sapi direbus terlebih dahulu supaya empuk. Saus bistik daging sapi: panaskan margarin. Tambahkan kecap inggris, saus tomat, kecap manis, garam, merica bubuk, dan pala bubuk. Bistik daging sapi ala Jawa sekarang sudah siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga tercinta. Karena sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, Anda bisa menyantap bistik daging sapi.