Bakso Sapi Kuah @mamasusancooks – Daging sapi mengandung zat besi, sumber protein, zinc, vitamin B12, omega 3, vitamin B6, fosfor, dan masih banyak lagi. Oleh maka, mengkonsumsi daging sapi betul-betul berguna untuk kesehatan tubuh. Namun tentu dengan porsi secukupnya agar olahan daging sapi bermanfaat untuk tubuh. Di Indonesia sendiri resep masakan daging sapi telah hampir tak terhitung jumlahnya. Baik masakan tradisional dari berbagai daerah seperti rendang, tongseng, gulai dan banyak lainnya. Sampai kuliner yang divariasi dengan resep modern dari berbagai negara, seperti beef teriyaki dan beef bulgogi. Daging sapi ini diolah mengaplikasikan bumbu rempah-rempah yang menciptakan rasa yang sedap dan juga berguna bagi tubuh. Seluruh masakan daging sapi ini bisa diperkenalkan dengan nasi putih hangat yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Bunda bisa membuat Bakso Sapi Kuah @mamasusancooks menggunakan 8 bahan dan 7 langkah. Begini cara buatnya.

Bahan-bahan memasak Bakso Sapi Kuah @mamasusancooks

  1. Bunda butuh 1/2 kg daging sapi (saya pakai paha).
  2. Kamu butuh 100 gram tepung sagu/tapioka (saya pakai Sagu Tani).
  3. Bunda butuh 1/2 butir putih telur.
  4. Bunda butuh 5 siung bawang putih, digoreng dan dihaluskan.
  5. Anda butuh 150 gram es batu (kira2 saja ya).
  6. Siapkan 1/2 sdt lada putih.
  7. Siapkan 1/4 sdt baking powder.
  8. Sediakan Secukupnya garam dan gula pasir.

Cara membuat Bakso Sapi Kuah @mamasusancooks

  1. Daging sapi dibersihkan, buang lemak yang menempel untuk menjaga supaya bakso tetap bulat. Untuk memudahkan proses penghalusan, daging dipotong kecil2..
  2. Masukkan daging dan es batu dalam food processor, giling hingga halus. Masukkan bawang putih yang sudah digoreng, putih telur, garam, gula dan merica. Haluskan dengan kecepatan rendah sebentar..
  3. Masukkan baking powder dan tambahkan sagu tani sedikit demi sedikit dan aduk rata..
  4. Panaskan air hingga mendidih dalam panci kemudian matikan api. Tunggu sampai air tidak terlalu panas kemudian bentuk bakso dengan menggunakan sendok dan tangan. Masukkan bakso ke dalam air tadi dan lakukan sampai adonan habis..
  5. Nyalakan api kembali dan rebus bakso sampai matang. Bakso yang matang pastinya akan mengapung. Angkat bakso yang matang dan masukkan ke dalam wadah/baskom yang berisi air es. Tiriskan bakso yang sudah dingin. Apabila belum mau dimasak, bisa disimpan dalam zipper bag dan masukkan ke dalam container yang tertutup rapat kemudian di simpan di freezer..
  6. Untuk resep kuah bakso saya memakai kaldu dari tulang sapi, bawang putih goreng, sedikit kaldu jamur, garam, gula pasir dan lada putih..
  7. Selamat mencoba….

Bakso Sapi Kuah @mamasusancooks