Rendang Daging Sapi Mudah Warna Merah 'Merendang' – Daging sapi mengandung zat besi, sumber protein, zinc, vitamin B12, omega 3, vitamin B6, fosfor, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, mengkonsumsi daging sapi amat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tapi tentu dengan porsi secukupnya supaya olahan daging sapi berguna untuk tubuh. Di Indonesia sendiri resep masakan daging sapi sudah hampir tak terhitung jumlahnya. Bagus masakan tradisional dari berbagai daerah seperti rendang, tongseng, gulai dan banyak lainnya. Sampai masakan yang divariasi dengan resep modern dari beragam negara, seperti beef teriyaki dan beef bulgogi. Daging sapi ini diolah menerapkan bumbu rempah-rempah yang menjadikan rasa yang sedap dan juga berkhasiat bagi tubuh. Semua masakan daging sapi ini bisa disajikan dengan nasi putih hangat yang pantas dengan lidah orang Indonesia.

Kamu bisa memasak Rendang Daging Sapi Mudah Warna Merah 'Merendang' menggunakan 17 bahan dan 9 langkah. Begini cara buatnya.

Bahan-bahan buat Rendang Daging Sapi Mudah Warna Merah 'Merendang'

  1. Siapkan 500 gr daging sapi untuk rendang.
  2. Bunda butuh bumbu halus:.
  3. Anda butuh 10 siung bawang merah.
  4. Sediakan 7 siung bawang putih.
  5. Siapkan 10 buah cabe merah keriting.
  6. Siapkan 1 sdm ketumbar sangrai.
  7. Sediakan secukupnya garam.
  8. Sediakan 5 cm kunyit.
  9. Siapkan 3 cm jahe potong tipis.
  10. Kamu butuh 2 cm lengkuas potong tipis.
  11. Kamu butuh secukupnya gula pasir / gula jawa.
  12. Siapkan bahan lain.
  13. Sediakan 5 lembar daun salam.
  14. Kamu butuh 5 lembar daun jeruk.
  15. Anda butuh 3 batang serai geprek bagian putih.
  16. Siapkan 8 bungkus Kara Santan instan @65 ml.
  17. Siapkan secukupnya minyak goreng untuk tumis.

Cara membuat Rendang Daging Sapi Mudah Warna Merah 'Merendang'

  1. Rebus daging sapi hingga empuk, sisihkan kuah rebusan daging sapi. Potong potong daging sapi dengan ketebalan kurang lebih 1 cm, potong sesuai serat daging, lalu geprek supaya lebih empuk lagi ketika dimasak..
  2. Haluskan semua bumbu halus hingga benar benar halus..
  3. Nyalakan kompor, panaskan minyak, masukkan bumbu halus, tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, serai, kemudian tumis kembali hingga harum.
  4. Masukkan santan instan, aduk aduk santan, tambahkan garam dan gula pasir, icip sesuai selera. Kebetulan saya orang jawa yang suka manis, disini saya menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis di rendang..
  5. Masukkan potongan daging sapi hingga terendam di dalam santan, biarkan santan mengental, sambil diaduk aduk hingga santan menyusut. Tujuan mengaduk adalah agar masakan tidak lengket & gosong di bagian dasar maupun tepi panci..
  6. Tambahkan air rebusan daging sapi sedikit demi sedikit jika santan sudah mulai menyusut. Jika air rebusan daging sapi habis, bisa menggunakan air biasa..
  7. Masak terus dengan api sedang, hingga adukan santan & daging sapi mengeluarkan "minyak", juga hingga daging sapi & kuah berwarna lebih gelap & kemerahan..
  8. Proses ini membutuhkan kesabaran karena saya butuh waktu kurang lebih 60 menit untuk mendapatkan warna merah & kuah rendang yang "berminyak"..
  9. Sajikan rendang. Rendang bisa awet dan dipanaskan berulang ulang. Semakin dipanaskan, bumbu semakin meresap ke dalam daging & sedap..

Rendang Daging Sapi Mudah Warna Merah 'Merendang'