Rendang Daging Sapi ala Padang – Daging sapi mengandung zat besi, sumber protein, zinc, vitamin B12, omega 3, vitamin B6, fosfor, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, mengonsumsi daging sapi amat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Melainkan tentu dengan porsi secukupnya agar olahan daging sapi bermanfaat untuk tubuh. Di Indonesia sendiri resep kuliner daging sapi telah hampir tak terhitung jumlahnya. Baik kuliner tradisional dari beraneka tempat seperti rendang, tongseng, gulai dan banyak lainnya. Sampai masakan yang divariasi dengan resep modern dari beraneka negara, seperti beef teriyaki dan beef bulgogi. Daging sapi ini diolah menggunakan bumbu rempah-rempah yang menciptakan rasa yang sedap dan juga berguna bagi tubuh. Segala masakan daging sapi ini dapat dikenalkan dengan nasi putih hangat yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Rendang Minang memang banyak sedikitnya mempunyai perbedaan dari rendang-rendang yang biasa kamu makan di restoran padang di Jakarta. Untuk menghasilkan rendang daging dibutuhkan proses memasak dengan cara memanaskan berulang-ulang menggunakan santan kelapa. Anda bisa memasak Rendang Daging Sapi ala Padang memakai 15 bahan dan 8 langkah. Begini cara buatnya.

Bahan-bahan membuat Rendang Daging Sapi ala Padang

  1. Kamu butuh 1 kg daging sapi minim lemak dan urat.
  2. Siapkan 500 ml santan kelapa kental dari 2 butir kelapa tua.
  3. Bunda butuh 200 ml santan kelapa cair dari sisa 2 butir kelapa.
  4. Sediakan bumbu halus.
  5. Sediakan 3 ruas Lengkuas jumbo.
  6. Sediakan 3 batang sereh kampung.
  7. Siapkan 50 g gula pasir.
  8. Kamu butuh 2 sendok makan garam dapur.
  9. Siapkan 2 lembar Daun kunyit.
  10. Siapkan 5 buah Cabe merah giling halus.
  11. Sediakan 7 siung bawang putih.
  12. Siapkan 7 siung bawang merah.
  13. Sediakan 1/2 sdt Pala bubuk.
  14. Sediakan 3 cm jahe.
  15. Anda butuh 5 lembar daun jeruk purut.

Cara membuat Rendang Daging Sapi ala Padang

  1. Panaskan santan kental beserta sereh dan daun jeruk purut.
  2. Sambil mwmanaskan santan, potong daging sebesar ukuran yang diinginkan dan lumuri dengan bumbu halus yang sudah dihaluskan baik dengan food processor atau dengan ulekan batu..
  3. Setelah itu masukkan daging beserta bumbu halus ke santan yang sedang dipanaskan tadi dengan api kecil dan tetap diaduk rata agar santan tidak pecah.
  4. Terus aduk hingga santan semakin harum dan kental, digambar berikut adalah setelah 1jam dimasak dengan api kecil.
  5. Terus aduk jangan sampai santan pecah apalagi sampai bagian bawah berkerak, penampakan ini adalah hasil 2 jam dimasak dan terus diaduk.
  6. Setelah 3jam dimasak tampak daging dan bumbu bercampur sabtan sudah mulai susut, silahkan ditambahkan air santan cair untuk menambah durasi memasak kira-kira 1 jam kedepan, fungsinya juga untuk melembutkan dagingnya.
  7. Setelah 4jam akhirnya warna dari rendang ini sudah sesuai dengan warna rendang yang diharapkan, gelap, pekat dan mengguggah selera. Kemudian pindahkan ke piring saji.
  8. Akhirnya rendang sapi ala Padang untuk menemani ketupat lebaran sudah siap dinikmati..

Rendang Daging Sapi ala Padang – Resep masakan daging rendang berikut dilengkapi dengan cara membuatnya secara lengkap dan jelas, sehingga meskipun anda belum pernah sekalipun memasak. Resep Rendang Daging – Rendang selalu menjadi kuliner wajib yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Tanah Minang, Padang atau sekadar di rumah makan Padang. Ada resep rendang daging asli Minang, kering tahan lama, sapi sederhana, serta spesial untuk berbagai acara. Rendang adalah masakan khas daerah minang yang lebih terkenal dengan sebutan rendang padang. Rendang padang biasanya terbuat dari bahan utama daging sapi dan santan kelapa serta bumbu rempah di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih.